Jawaban Pilihan Ganda
2. d
3. a
4. e
5. a
6. b
7. b
8. a
9. b
10. c
11. b
12. d
13. d
14. e
15. c
16. d
17. a
18. d
19. c
20. c
21. c
22. c
23. b
24. a
25. b
Jawaban Esai
1. Struktur pasar adalah berbagai hal yang dapat memengaruhi
tingkah laku dan kinerja perusahaan dalam pasar. Seperti jumlah perusahaan, skala
produksi, dan jenis produksi.
2. Pasar adalah proses dimana penjual dan pembeli saling
berinteraksi untuk menetapkan harga keseimbangan atau kesepakatan atas tingkat
harga berdasarkan permintaan dan penawaran.
3. Syarat-syarat pasar persaingan sempurna adalah harga
terbentuk atas mekanisme permintaan dan penawaran, banyak penjual, banyak
pembeli, barang bersifat homogeny, dan pelaku pasar bebas keluar
masuk.
4. Harga yang ada pada pasar persaingan sempurna adalah harga
yang terbentuk atas pekerjaan atau proses produksi yang efisien. Sebab kalau tidak efisien harga barang
yang dihasilkan akan mahal dan tidak laku dipasar dengan kata lain ia harus
keluar dari pasar. Jadi harga pasar
pada pasar persaingan sempurna menjadi indikator untuk pedoman produsen.
5. Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna bagi
masyarakat adalah memberi barang-barang bermutu dengan harga yang relatif
murah, bebas keluar masuk pasar, harga menjadi indikator bagi produsen. Keburukannya adalah barang bersifat
homogeny, sehingga inovasi
terhambat.
6. Pasar monopoli didefinisikan sebagai suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu
penjual yang menguasai pasar dan barang yang diperdagangkan tidak mempunyai
barang pengganti yang dekat.
7. Ciri-ciri pasar monopoli.
a. Hanya ada satu penjual.
b. Terdapat banyak pembeli.
c. Produk pada pasar monopoli tidak
mempunyai barang subtitusi
yang dekat.
d. Ada hambatan untuk masuk ke dalam
pasar monopoli.
8. Kebaikan pasar monopoli.
a. Menghindari
produk-produk tiruan dan persaingan yang tidak bermanfaat.
b. Menimbulkan skala ekonomi yang
menurunkan biaya produksi.
c. Terjaganya
kesinambungan perusahaan.
d. Mendorong
penggunaan mesin-mesin generasi terbaru.
e. Mendorong
kinerja departemen penelitian.
Keburukan keberadaan pasar monopoli.
a. Penyalahgunaan
kekuatan ekonomi.
b. Adanya
pelecehan pada posisi konsumen.
c. Adanya
kesenjangan dalam pembagian keuntungan.
d. Barang
terkadang turun kualitasnya karena tidak ada saingan.
e. Mengurangi
kesejahteraan konsumen.
9. Peran pemerintah dalam rangka mengendalikan dampak negatif pasar monopoli adalah.
a. Mencegah monopoli itu sendiri.
b. Pemberian ijin pada perusahaan baru.
c. Menambah penawaran barang dalam
negeri dengan jalan mengimpor.
d. Menetapkan harga eceran tertinggi.
10. PT Pos dan giro.
11. Pasar oligopoli
adalah pasar dimana penawaran
suatu jenis barang dikuasi oleh beberapa perusahaan.
12. Ciri-ciri pasar oligopoli.
a. Terdapat banyak pembeli di pasar
b. Hanya ada beberapa penjual.
c. Produk yang dijual bisa bersifat
homogen bisa juga berbeda.
d. Terdapat hambatan untuk memasuki
pasar bagi perusahaan baru.
e. Adanya saling ketergantungan dalam
pengambilan keputusan.
f. Penggunaan iklan sangat efektif.
13. Perusahaan teknologi merupakan salah satu contoh perusahaan
yang telah sukses dalam pasar oligopoli seperti Microsoft Windows, Apple
Mac OS, dan sumber operasi terbuka
Linux. Pasar Smart phone juga didominasi
beberapa perusahaan seperti Geogle Android dan Apple iOS, pemasaran sepeda motor Honda, Suzuki, Yamaha.
14. Karena pada pasar oligopoli barang bersifat subtitusi dan pemakainya mudah berpindah kebarang lainnya maka
segala gerak-gerik dari perusahaan saingan harus diperhatikan, karena tindakan salah satu pelaku akan
mempengaruhi kinerja perusahaan lainnya.
15. Pasar persaingan monopolistik adalah suatu pasar dimana terdapat banyak produsen yang
menghasilkan barang yang serupa, tetapi
memiliki perbedaan pada beberapa aspek.
16. Ciri-ciri pasar persaingan monopolistik adalah.
a. Terdapat banyak produsen atau penjual.
b. Jenis barang yang diperdagangkan
berbeda.
c. Produsen mampu memengaruhi harga.
d. Produsen lain mudah masuk ke dalam pasar.
e. Promosi penjualan harus aktif.
17. Pasar sepeda motor yang agak homogen seperti
Honda,Yamaha,Suzuki, Vespa.
18. Pasar oligopoli
penjualnya kemungkinan antara 5 sampai 10 perusahaan atau lebih, produk agak homogen. Pasar persaingan monopolistik pelaku pasar bisa lebih dari 10
perusahaan atau banyak dan barang yang diperdagangakan bisa homogen tetapi bisa
berbeda.
19. Ketentuan HET yang dilindungi adalah konsumen.
20. Harga minimum melindungi produsen.
Posting Komentar