0
Jawaban Pilihan Ganda
1. b
2. d
3. a
4. e
5. a
6. b
7. b
8. a
9. b
10. c
11. b
12. d
13. d
14. e 
15. c
16. d
17. a
18. d
19. c
20. c
21. c
22. c
23. b
24. a
25. b




Jawaban Esai
1.    Struktur pasar adalah berbagai hal yang dapat memengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaan dalam pasar. Seperti jumlah perusahaan, skala produksi, dan jenis produksi.
2.    Pasar adalah proses dimana penjual dan pembeli saling berinteraksi untuk menetapkan harga keseimbangan atau kesepakatan atas tingkat harga berdasarkan permintaan dan penawaran.
3.    Syarat-syarat pasar persaingan sempurna adalah harga terbentuk atas mekanisme permintaan dan penawaran, banyak penjual, banyak pembeli, barang bersifat homogeny, dan pelaku pasar bebas keluar masuk.
4.    Harga yang ada pada pasar persaingan sempurna adalah harga yang terbentuk atas pekerjaan atau proses produksi yang efisien. Sebab kalau tidak efisien harga barang yang dihasilkan akan mahal dan tidak laku dipasar dengan kata lain ia harus keluar dari pasar. Jadi harga pasar pada pasar persaingan sempurna menjadi indikator untuk pedoman produsen.
5.    Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna bagi masyarakat adalah memberi barang-barang bermutu dengan harga yang relatif murah, bebas keluar masuk pasar, harga menjadi indikator bagi produsen. Keburukannya adalah barang bersifat homogeny, sehingga inovasi terhambat.
6.    Pasar monopoli didefinisikan sebagai suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar dan barang yang diperdagangkan tidak mempunyai barang pengganti yang dekat.
7.    Ciri-ciri pasar monopoli.
        a.    Hanya ada satu penjual.
        b.    Terdapat banyak pembeli.
        c.     Produk pada pasar monopoli tidak mempunyai barang subtitusi yang dekat.
        d.    Ada hambatan untuk masuk ke dalam pasar monopoli.
8.    Kebaikan pasar monopoli.
        a.    Menghindari produk-produk tiruan dan persaingan yang tidak bermanfaat.
        b.    Menimbulkan skala ekonomi yang menurunkan biaya produksi.
        c.     Terjaganya kesinambungan perusahaan.
        d.    Mendorong penggunaan mesin-mesin generasi terbaru.
        e.    Mendorong kinerja departemen penelitian.
        Keburukan keberadaan pasar monopoli.
        a.    Penyalahgunaan kekuatan ekonomi.
        b.    Adanya pelecehan pada posisi konsumen.
        c.     Adanya kesenjangan dalam pembagian keuntungan.
        d.    Barang terkadang turun kualitasnya karena tidak ada saingan.
        e.    Mengurangi kesejahteraan konsumen.
9.    Peran pemerintah dalam rangka mengendalikan dampak negatif pasar monopoli adalah.
        a.    Mencegah monopoli itu sendiri.
        b.    Pemberian ijin pada perusahaan baru.
        c.     Menambah penawaran barang dalam negeri dengan jalan mengimpor.
        d.    Menetapkan harga eceran tertinggi.
10.  PT Pos dan giro.
11.  Pasar oligopoli adalah pasar dimana penawaran suatu jenis barang dikuasi oleh beberapa perusahaan.
12.  Ciri-ciri pasar oligopoli.
        a.    Terdapat banyak pembeli di pasar
        b.    Hanya ada beberapa penjual.
        c.     Produk yang dijual bisa bersifat homogen bisa juga berbeda.
        d.    Terdapat hambatan untuk memasuki pasar bagi perusahaan baru.
        e.    Adanya saling ketergantungan dalam pengambilan keputusan.
        f.     Penggunaan iklan sangat efektif.
13.  Perusahaan teknologi merupakan salah satu contoh perusahaan yang telah sukses dalam pasar oligopoli seperti Microsoft Windows, Apple Mac OS, dan sumber operasi terbuka Linux. Pasar Smart phone juga didominasi beberapa perusahaan seperti Geogle Android dan Apple iOS, pemasaran sepeda motor Honda, Suzuki, Yamaha.
14.  Karena pada pasar oligopoli barang bersifat subtitusi dan pemakainya mudah berpindah kebarang lainnya maka segala gerak-gerik dari perusahaan saingan harus diperhatikan, karena tindakan salah satu pelaku akan mempengaruhi kinerja perusahaan lainnya.
15.  Pasar persaingan monopolistik adalah suatu pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang serupa, tetapi memiliki perbedaan pada beberapa aspek.
16.  Ciri-ciri pasar persaingan monopolistik adalah.
        a.    Terdapat banyak produsen atau penjual.
        b.    Jenis barang yang diperdagangkan berbeda.
        c.     Produsen mampu memengaruhi harga.
        d.    Produsen lain mudah masuk ke dalam pasar.
        e.    Promosi penjualan harus aktif.
17.  Pasar sepeda motor yang agak homogen seperti Honda,Yamaha,Suzuki, Vespa.
18.  Pasar oligopoli penjualnya kemungkinan antara 5 sampai 10 perusahaan atau lebih, produk agak homogen. Pasar persaingan monopolistik pelaku pasar bisa lebih dari 10 perusahaan atau banyak dan barang yang diperdagangakan bisa homogen tetapi bisa berbeda.
19.  Ketentuan HET yang dilindungi adalah konsumen.

20.  Harga minimum melindungi produsen.


Posting Komentar

 
Top