Jawaban Pilihan Ganda
1. e
2. d
3. a
4. c
5. c
6. c
7. d
8. a
9. c
10. e
11. a
12. a
13. e
14. c
15. d
16. b
17. c
18. c
19. d
20. d
21. a
22. b
23. b
24. b
25. b
Jawaban Esai
1. Pengertian manajemen.
a. proses, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan
kegiatan anggota serta tujuan penggunaan organisasi yang sudah ditentukan.
b. Ilmu pengetahuan, manajemen adalah bidang pengetahuan yang
berusaha secara sistematis memahami mengapa dan bagaimana manusia
bekerja sama untuk menghasilkan
sesuatu yang bermanfaat
bagi kemanusiaan.
c. Seni, manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
2. Prinsip manajemen menurut Henry Fayol adalah pembagian kerja, otoritas/wewenang, disiplin, kesatuan
perintah, kesatuan arah, mengutamakan kepentingan bersama, pemberian upah, senteralisasi, jinking
jabatan, tata tertib, kesamaan, kestabilan staff, inisiatif.
3. Fungsi manajemen menurut.
a. George Terry, planning, organizing, actuating,
dan controlling.
b. Henry Fayol, planning, organizing, motivating, coordinating,
controlling.
c. Ernest Dale, planning, organizing, staffing, directing, innovating, representing, controlling.
4. Why, mengapa hal itu menjadi tujuan.
Where, kenapa lokasi itu
yang dipilih.
When, jadwal
pekerjaan.
Who, mengapa orang-orang itu yang dipilih.
What, apa
yang hendak dicapai.
How, bagaimana cara untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.
5. Pembagian perencanaan
a. Perencanaan jenjang atas.
b. Perencanaan jenjang menengah.
c. Perencanaan jenjang bawah.
6. Syarat-syarat pronghorn.
a. Memiliki tujuan yang jelas.
b. Bersifat sederhana.
c. Memuat analisis-analisis terhadap
pekerjaan.
d. Bersifat fleksibel.
e. Memiliki keseimbangan.
f. Memiiki kesan bahwa segala
sesuatunya telah tersedia serta dapat digunakan.
Manfaat
perencanaan.
a. Membuat pelaksanaan tugas menjadi
tepat dan kegiatan tiap unit akan terorganisasi.
b. Menghindarkan kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi.
c. Perencanaan membuat standar-standar
dan batas-batas tindakan sehingga membuat pengawasan mudah dilaksanakan.
d. Pedoman melaksanakan kegiatan.
7. Pengorganisasian adalah sebagai keseluruhan proses pengelompokan
orang-orang, alat-alat, tugas, tanggung
jawab, dan wewenang sedemikian rupa sehingga tercipta suatu kesatuan
yang dapat digerakkan dalam rangka mencapai tujuan.
8. Manfaat
pengorganisasian.
a. Memungkinkan pembagian tugas sesuai
dengan keadaan perusahaan.
b. Menciptakan spesialisasi dalam pembagian tugas.
c. Anggota organisasi mengetahui
tugas-tugas yang akan dikerjakan.
9. Kelebihan organisasi garis.
a. Kesatuan komando terjamin.
b. Pengambilan keputusan cepat.
c. Prinsip the right man on the right place mudah diterapkan.
d. Kemampuan setiap karyawan dapat
diketahui.
e. Terdapat rasa kekeluargaan.
Kelemahan.
a. Maju mundurnya organisasi berada di
tangan satu orang.
b. Kecenderungan pimpinan bertindak
otoriter.
c. Kesempatan karyawan berkarir
terbatas karena organisasi masih kecil.
10. Ciri-ciri organisasi fungsional.
- Terdapat pemisahan yang tegas dalam pembagian tugas.
- Pelaksanaan tugas tidak banyak memerlukan kordinasi.
- Kordinasi hanya perlu di organisasi jenjang atas.
- Pembagian unit-unit organisasi didasarkan atas spesialisasi tugas.
- Para direktur mempunyai wewenang komando pada unit-unit di bawahnya atas nama sendiri.
Kebaikan organisasi fungsional.
- Tugas-tugas karyawan dapat dibagi secara tegas.
- Produktivitas tinggi.
- Kordinasi bagi karyawan yang sama tugasnya mudah dilaksanakan karena terdapat pelaksanaan tugas.
- Kordinasi secara terus menerus hanya perlu dilepas.
- Untuk kelancaran tugas dan pembagian fungsi, pimpinan yang sejenjang lebih atas dapat memberi perintah pada pimpinan bawahannya.
17. Manajemen keuangan bertugas dalam mengurusi serta mendapatkan dana yang diharapkan dan cara menggunakannya. Manajemen keuangan mencari sumber dana, menggunakan dana, dan mengawasi penggunaannya.
18.
- Penerimaan pegawai harus berdasarkan data yang akurat, harus melalui analisa jabatan, seleksi penerimaan, pelatihan, dan pendidikan.
- Penilaian pegawai adalah tugas menilai kemampuan pegawai untuk mendapat tugas baru atau memberhentikan.
- Perilaku pegawai perlu diketahui dengan teliti tentang kemampuannya, kejujurannya, kekompakannya dalam tim, dan reaksinya dalam hal tugas-tugas yang diembannya.
- Promosi perlu untuk pegawai yang berprestasi dan mutasi perlu bagi pegawai yang ingin suasana baru.
- Motivasi adalah pemberian dorongan pada pegawai agar ia semakin terdorong untuk melaksanakan tugas untuk mencapai tujuan perusahaan. Menurut Prof A Maslow motivasi itu akan mudah dilaksanakan jiak kebutuhannya telah terpenuhi.
19. Hal-hal yang diperbincangkan dalam manajemen administrasi adalah pengadministrasian kegiatan, pemakaian alat-alat perkantoran, dan pemeliharaan kehidupan organisasi.
20. Penempatan seseorang pada tempat yang tepat, dengan dasar pertimbangan kemampuan, sifat, keadaan, dan hal-hal lainnya.
no. 11-20 nya yg essay??
BalasHapusIyA
HapusKak yang bab 10 share dong
BalasHapus