a. Pengertian pasar
Secara sempit, pasar dapat diartikan sebagai tempat
bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang dan
jasa. Secara luas, pasar merupaka proses dimana penjual dan pembeli
berinteraksi untuk menetapkan harga keseimbangan atau kesepakatan atas tingkat
harga berdasarkan permintaan dan penawaran.
b. Syarat terjadinya pasar, yaitu :
ü Adanya penjual dan pembeli
ü Adanya pembeli
ü Adanya barang atau jasa yang
diperjualbelikan
ü Terjadinya kesepakatan antara
penjual dan pembeli.
c.
Fungsi
pasar terbagi atas tiga yaitu :
·
Fungsi
distribusi
Dalam kegiatan distribusi, pasar berfungsi
mendekatkan jarak antara konsumen dengan produsen dalam melakukan transaksi.
Dalam fungsi ditribusi, pasar berperan memperlancar penyaluran barang dari
produsen ke konsumen.
·
Fungsi
pembentukan harga
Pasar berfungsi sebagai pembentuk harga pasar,
yaitu kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.
·
Fungsi
promosi
Pasar merupakan saranapaling tepat untuk ajang
promosi. Pelaksanaan promosi dapat dilakukan dengan cara memasang spanduk,
membagikan brosur, dan membagikan sampel.
d.
Pembagian
pasar
·
Menurut
waktu : pasar harian, mingguan, bulanan, dan tahunan
· Menurut
jenis barang yang diperjualbelikan : pasar barang konsumsi dan pasar
faktor produksi
·
Menurut
wilayah kegiatan distribusi : pasar setempat, daerah, nasional, dan internasional
II. STRUKTUR PASAR
a. Pengertian
Struktur pasar adalah segala hal yang dapat
memengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaan dalam pasar seperti jumlah
perusahaan, skala produksi, dan jenis produksi.
b. Pembagian struktur pasar dalam perekonomian
1. Pasar persaingan sempurna
a) Pengertian
Pasar persaingan sempurna adalah Gambaran suatu keadaan dimana
penjual dan pembeli tidak dapat memengaurhi harga sehingga harga dipasar
merupakan interaksi antara permintaan dan penawaran
b) Ciri – ciri pasar persaingan sempurna
ü Banyak pembeli namun tidak
dapat mempengaruhi harga
ü Banyak penjula
ü Barang yang dijual bersifat
homogeny
ü Adanya kebebasan masuk keluar
pasar persaingan sempurna
c) Perolehan laba maksimum dalam pasar
persaingan sempurna
Dalam perolehan laba pada pasar persaingan
sempurna, harga pasar merupakan indikator untuk melakukan produksi. Untuk
mengetahui laba maksimum suatu perusahaan maka kita harus mengetahui total
biaya dan total penerimaan perusahaan tersebut.
Rumus yang digunakan untuk
menghitung laba maksimum adalah
·
Penerimaan
total (TR) didefinisikan sebagai pendapatan yang diperoleh dari hasil penjualan
produk. Untuk pasar persaingan sempurna, kurva TR merupakan garis lurus menaik
yang dimulai dari titik nol, yang berkaitan dengan asumsi bahwa pembeli dan
penjual dipasr persaingan sempurna merupakan pengikut harga. Secara matematis,
penerimaan total dapat ditulis sebagai berikut:
TR = P x Q
Keterangan :
TR :
Total Reveneu
P :
Price (harga)
Q :
Quantity (kuantitas/barang)
· Penerimaan
rata-rata (AR) didefinisikan sebagai penerimaan totoal per unit barang yang
diproduksi. Secara matematis, penerimaan rata-rata dapat ditulis sebagai
berikut
= P
· Penerimaan
marginal (MR) diddefinisikan sebagai tambahan penerimaan yang diperoleh sebagai
hasil penjualan satu unit produk. Rumusnya:
MR = TRn –
TRn-1
·
Biaya
marginal (MC) didefinisikan sebagai tambahan biaya yang harus dikeluarkan
sebagai akibat dari memproduksi satu unit
barang tambahan.
Secara matematis dapat ditulis sebagai berikut:
MC = TCn-TCn-1
· Biaya
total rata –rata (ATC) didefinisikan sebagai biaya total yang harus dikeluarkan
utnuk setiap unit produksi. Secara matematis dapat ditulis sebagai berikut :
ATC =
d) Kebaikan dan kelemahan dalam pasar
persaingan sempurna
·
Kebaikan
1) Pada pasar persaingan sempurna tidak tampak kegiatan saling menyaingi
antarpenjual.
2) Penjual tidak mungkin mengadakan persaingan harga dengan maksud
merebut pasar karena harga pasar adalah suatu yang harus diterima masing-masing
produsen.
3) Barang yang ditawarkan penjual akan laku berapa pun jumlahnya
tanpa mengalami penurunan harga.
4) Tidak mungkin mengubah bentuk barang untuk merebut pasar karena
adanya homogenitas barang.
5) Informasi tentang pasar telah diketahui oleh saingan usaha dan
usaha untuk menyaingi perusahaan lainnya juga tidak menghasilkan apa-apa karena
jumlah saingan sangat tidak terbatas.
6) Konsumen tidak perlu beradu tegang tentang tawar-menawar harga
barang karena harga tidak dapat dipengaruhi oleh siapa pun.
· Kelemahan
1) Pasar persaingan sempurna sulit dijumpai,
2) Adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dan informasi
menyebabkan kemajuan dalam kualitas dan kuantitas serta jenis yang memaksa
adanya persaingan produk antarprodusen.
3) Keuntungan maksimum yang diperoleh pedagang sudah dapat
diprediksi sejak awal karena harga tidak dapat dipengaruhi oleh pedagang.
4) Pasar gelap (black market) dapat muncul sewaktu-waktu
2. Pasar persaingan tidak sempurna
a) Pasar monopoli
·
Pengertian
Pasar
monopoli adalah
suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasia pasar dan
perusahaan ini tidak mempunyai barang pengganti.
·
Ciri – ciri
Hanya ada satu penjual, banyak pembeli, tidak
mempunyai barang pengganti, adanya hambata msauk ke dalam pasar.
·
Penyebab timbulnya
monopoli
Pasar monopoli terjadi oleh hal – hal berikut :
ditetapkan oleh pemerintah, penggabungan dari berbagai perusahaan, dan adanya
hasil cipta karya seseorang.
·
Kebaikan dan kelemahan
a.
Kebaikan
: menghindari produk-produk tiruan dan persaingan tidak bermanfaat, menimbulkan
skala ekonomi yang menurunkan biaya produksi, terjaganya kesinambungan
stabilitas perusahaan, mendorong penggunaan mesin-mesin generasi baru dengan
tingkat teknologi tertinggi.
b.
Keburukan
: penyalahgunaan kekuatan ekonomi, adanya pelecehan terhadap posisi konsumen,
adanya kesenjangan pembagian pendapatan, tidak adanya persaingan
b) Pasar oligopoly
·
Pengertian
Pasar oligopoly adalah suatu bentuk pasar yang
hanya menawarkan satu jenis barang yang dikuasai perusahaan
·
Ciri-ciri
Banyak pembeli,hanya ada beberapa penjual,
produk yang dijual bias bersifat homogeny dan bias juga berbeda namun memiliki
standar tertentu, adanya saling ketergantungan, penggunaan iklan sangat
sensitive.
·
Kebaikan dan kelemahan
a. Kebaikan : Pemerintah mempermudah masuknya
perusahaan baru ke dalam pasar untuk menciptakan persaingan, Diberlakukannya undang-undang antikerja sama antarprodusen
b.
Keburukan : Keuntungan yang terlalu besar
bagi produsen dalam jangka panjang, Eksploitasi terhadap konsumen dan
karyawan perusahaan, Harga tinggi yang relatif stabil (sulit turun) menunjang
munculnya inflasi yang kronis
c) Pasar monopolistik
·
Pengertian
Pasar
monopolistik adalah
pasar yang menghasilkan dan menjual barang yang serupa tetapi memiliki
perbedaan pada beberapa aspek.
·
Ciri-ciri
Banyak produsen dan penjual, jenis barang yang
dipasarkan beda, produsen mampu mempengaruhi harga, produsen lain mudah masuk
dalam pasar,npromosi penjualan harus
aktif.
·
Kebaikan dan kelemahan
a. Kebaikan : Penjual tidak sebanyak pasar persaingan sempurna, Produsen terpacu untuk
berkreativitas, Pembeli tidak mudah berpindah dari produk yang
dipakai selama ini
b. Keburukan : Biaya mahal untuk ke pasar monopolistik karena untuk masuk
pangsa pasar tertentu dibutuhkan riset dan pengembangan produk, Persaingan sangat berat karena pasar biasanya didominasi oleh
produk-produk yang telah ternama
III. PERANAN PASAR
ü Mengatur kegiatan produksi, menetapkan
harga dan nilai,
ü Menditribusikan barang dan jasa,
ü Menentukan jumlah pembelian dan
penjualan,
ü Menentukan jumlah persediaan,
melakukan promosi
Posting Komentar