0

I.       PASAR
a.       Pengertian pasar
Secara sempit, pasar dapat diartikan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang dan jasa. Secara luas, pasar merupaka proses dimana penjual dan pembeli berinteraksi untuk menetapkan harga keseimbangan atau kesepakatan atas tingkat harga berdasarkan permintaan dan penawaran.

b.      Syarat terjadinya pasar, yaitu :
ü  Adanya penjual dan pembeli
ü  Adanya pembeli
ü  Adanya barang atau jasa yang diperjualbelikan
ü  Terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli.
                       
c.       Fungsi pasar terbagi atas tiga yaitu :
·         Fungsi distribusi
Dalam kegiatan distribusi, pasar berfungsi mendekatkan jarak antara konsumen dengan produsen dalam melakukan transaksi. Dalam fungsi ditribusi, pasar berperan memperlancar penyaluran barang dari produsen ke konsumen.
·         Fungsi pembentukan harga
Pasar berfungsi sebagai pembentuk harga pasar, yaitu kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.
·         Fungsi promosi
Pasar merupakan saranapaling tepat untuk ajang promosi. Pelaksanaan promosi dapat dilakukan dengan cara memasang spanduk, membagikan brosur, dan membagikan sampel.
d.      Pembagian pasar
·         Menurut waktu : pasar harian, mingguan, bulanan, dan tahunan
·     Menurut jenis barang yang diperjualbelikan : pasar barang konsumsi dan pasar faktor  produksi
·         Menurut wilayah kegiatan distribusi : pasar setempat, daerah, nasional, dan internasional
II.    STRUKTUR PASAR
a.       Pengertian
Struktur pasar adalah segala hal yang dapat memengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaan dalam pasar seperti jumlah perusahaan, skala produksi, dan jenis produksi.
b.      Pembagian struktur pasar dalam perekonomian
1.      Pasar persaingan sempurna
a)      Pengertian
Pasar persaingan sempurna adalah Gambaran suatu keadaan dimana penjual dan pembeli tidak dapat memengaurhi harga sehingga harga dipasar merupakan interaksi antara permintaan dan penawaran

b)      Ciri – ciri pasar persaingan sempurna
ü  Banyak pembeli namun tidak dapat mempengaruhi harga
ü  Banyak penjula
ü  Barang yang dijual bersifat homogeny
ü  Adanya kebebasan masuk keluar pasar persaingan sempurna

c)      Perolehan laba maksimum dalam pasar persaingan sempurna
Dalam perolehan laba pada pasar persaingan sempurna, harga pasar merupakan indikator untuk melakukan produksi. Untuk mengetahui laba maksimum suatu perusahaan maka kita harus mengetahui total biaya dan total penerimaan perusahaan tersebut.
Rumus yang digunakan untuk menghitung laba maksimum adalah
·         Penerimaan total (TR) didefinisikan sebagai pendapatan yang diperoleh dari hasil penjualan produk. Untuk pasar persaingan sempurna, kurva TR merupakan garis lurus menaik yang dimulai dari titik nol, yang berkaitan dengan asumsi bahwa pembeli dan penjual dipasr persaingan sempurna merupakan pengikut harga. Secara matematis, penerimaan total dapat ditulis sebagai berikut:
TR = P x Q
Keterangan :
TR      : Total Reveneu
P        : Price (harga)
Q        : Quantity (kuantitas/barang)

·      Penerimaan rata-rata (AR) didefinisikan sebagai penerimaan totoal per unit barang yang diproduksi. Secara matematis, penerimaan rata-rata dapat ditulis sebagai berikut
 = P

·  Penerimaan marginal (MR) diddefinisikan sebagai tambahan penerimaan yang diperoleh sebagai hasil penjualan satu unit produk. Rumusnya:
MR = TRn – TRn-1

·         Biaya marginal (MC) didefinisikan sebagai tambahan biaya yang harus dikeluarkan sebagai akibat dari memproduksi satu unit  barang tambahan.
Secara matematis dapat ditulis sebagai berikut:
MC = TCn-TCn-1

·      Biaya total rata –rata (ATC) didefinisikan sebagai biaya total yang harus dikeluarkan utnuk setiap unit produksi. Secara matematis dapat ditulis sebagai berikut :
ATC =

d)     Kebaikan dan kelemahan dalam pasar persaingan sempurna
·         Kebaikan
1) Pada pasar persaingan sempurna tidak tampak kegiatan saling menyaingi antarpenjual.
2)  Penjual tidak mungkin mengadakan persaingan harga dengan maksud merebut pasar karena harga pasar adalah suatu yang harus diterima masing-masing produsen.
3) Barang yang ditawarkan penjual akan laku berapa pun jumlahnya tanpa mengalami penurunan harga.
4)   Tidak mungkin mengubah bentuk barang untuk merebut pasar karena adanya homogenitas barang.
5)  Informasi tentang pasar telah diketahui oleh saingan usaha dan usaha untuk menyaingi perusahaan lainnya juga tidak menghasilkan apa-apa karena jumlah saingan sangat tidak terbatas.
6)  Konsumen tidak perlu beradu tegang tentang tawar-menawar harga barang karena harga tidak dapat dipengaruhi oleh siapa pun.
·      Kelemahan
1)      Pasar persaingan sempurna sulit dijumpai,
2) Adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dan informasi menyebabkan kemajuan dalam kualitas dan kuantitas serta jenis yang memaksa adanya persaingan produk antarprodusen.
3)     Keuntungan maksimum yang diperoleh pedagang sudah dapat diprediksi sejak awal karena harga tidak dapat dipengaruhi oleh pedagang.
4)      Pasar gelap (black market) dapat muncul sewaktu-waktu




2.      Pasar persaingan tidak sempurna
a)      Pasar monopoli
·         Pengertian
Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasia pasar dan perusahaan ini tidak mempunyai barang pengganti.

·         Ciri – ciri
Hanya ada satu penjual, banyak pembeli, tidak mempunyai barang pengganti, adanya hambata msauk ke dalam pasar.

·         Penyebab timbulnya monopoli
Pasar monopoli terjadi oleh hal – hal berikut : ditetapkan oleh pemerintah, penggabungan dari berbagai perusahaan, dan adanya hasil cipta karya seseorang.

·         Kebaikan dan kelemahan
a.       Kebaikan : menghindari produk-produk tiruan dan persaingan tidak bermanfaat, menimbulkan skala ekonomi yang menurunkan biaya produksi, terjaganya kesinambungan stabilitas perusahaan, mendorong penggunaan mesin-mesin generasi baru dengan tingkat teknologi tertinggi.
b.      Keburukan : penyalahgunaan kekuatan ekonomi, adanya pelecehan terhadap posisi konsumen, adanya kesenjangan pembagian pendapatan, tidak adanya persaingan

b)      Pasar oligopoly
·         Pengertian
Pasar oligopoly adalah suatu bentuk pasar yang hanya menawarkan satu jenis barang yang dikuasai perusahaan
·         Ciri-ciri
Banyak pembeli,hanya ada beberapa penjual, produk yang dijual bias bersifat homogeny dan bias juga berbeda namun memiliki standar tertentu, adanya saling ketergantungan, penggunaan iklan sangat sensitive.
·         Kebaikan dan kelemahan
a.       Kebaikan : Pemerintah mempermudah masuknya perusahaan baru ke dalam pasar untuk menciptakan persaingan, Diberlakukannya undang-undang antikerja sama antarprodusen
b.      Keburukan : Keuntungan yang terlalu besar bagi produsen dalam jangka panjang, Eksploitasi terhadap konsumen dan karyawan perusahaan, Harga tinggi yang relatif stabil (sulit turun) menunjang munculnya inflasi yang kronis

c)      Pasar monopolistik
·         Pengertian
Pasar monopolistik adalah pasar yang menghasilkan dan menjual barang yang serupa tetapi memiliki perbedaan pada beberapa aspek.

·         Ciri-ciri
Banyak produsen dan penjual, jenis barang yang dipasarkan beda, produsen mampu mempengaruhi harga, produsen lain mudah masuk dalam pasar,npromosi  penjualan harus aktif.

·         Kebaikan dan kelemahan
a.       Kebaikan : Penjual tidak sebanyak pasar persaingan sempurna, Produsen terpacu untuk berkreativitas, Pembeli  tidak mudah berpindah dari produk yang dipakai selama ini
b.      Keburukan : Biaya mahal untuk ke pasar monopolistik karena untuk masuk pangsa pasar tertentu dibutuhkan riset dan pengembangan produk, Persaingan sangat berat karena pasar biasanya didominasi oleh produk-produk yang telah ternama

III. PERANAN PASAR
ü  Mengatur kegiatan produksi, menetapkan harga dan nilai,
ü  Menditribusikan barang dan jasa,
ü  Menentukan jumlah pembelian dan penjualan,
ü  Menentukan jumlah persediaan, melakukan promosi







Posting Komentar

 
Top